Data


                                Data yang dapat dikumpulkan selama pelayaran
           
a.            Keterangan Meteorologi.     Selama pelayaran pada periode Mei 2011 pada umumnya di Laut Jawa angin rata-rata bertiup dari  T/TL  dengan kecepatan rata-rata  5 - 20 Knt, temperatur udara antara   26° –   32 °C,  tekanan udara antara 1010 - 1015  M Bar.

b.            Keterangan Hidrografi.         Data hidrografi yang diperoleh selama pelayaran pada periode Mei s/d Agustus  2011 di Laut Jawa umumnya laut berombak rata-rata 1 – 3 m arus serta pasut sesuai dengan daftar arus pasang surut, daftar pasang surut dan buku Kepanduan Bahari. Kondisi cuaca di daerah latihan kurang stabil, pada pagi hari sampai dengan siang hari ketinggian gelombang mencapai 1,5 meter dan arus bergerak ke barat dengan kecepatan 5 – 10 knt sedangkan pada malam hari arus bergerak ke utara dengan kecepatan 2 – 2,5 knt.

c.         Keterangan Navigasi.           Secara umum sesuai dengan buku-buku referensi yang ada (DSI/KN/BPI).


            d.         Analisa Daerah Operasi.    

                        1)        Mayoritas penduduk sekitar daerah latihan merupakan nelayan dengan memanfaatkan perairan Palang sebagai tempat pencarian ikan. Kegiatan para nelayan ini dimulai pukul 04 dini hari sampai dengan Pkl. 12.00, dalam kegiatannya para nelayan menggunakan jenis jaring dalam yang digunakan sebagai perangkap kepiting, dengan jarak sebar antara 10 – 20 meter.

1)            Daerah Operasi lat TPR III/11 Palang – Tuban Jawa Timur merupakan laut terbuka dengan kedalaman laut berkisar antara 5 – 30 meter dan Mine Burial 2 – 3 meter. Disebelah Barat Laut daerah operasi sekitar 3 NM terdapat
Tuban Marine Terminal pada posisi 6° 42,828’ S - 112° 09,143’ E dengan kegiatan kapal-kapal tanker yang melaksanakan loading bahan bakar.

2)            Untuk bekul air tawar bisa dilaksanakan di Dermaga PT. Semen Gresik Tuban. Selain fasilitas air tawar Dermaga Semen Gresik dengan panjang 175 meter digunakan juga sebagai tempat bongkar muat kapal – kapal tanker namun masih bisa memungkinkan untuk di sandarai KRI.